Kamis, 25 Maret 2010

BAB I ( Pendahuluan )

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang



Penjualan dari suatu produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan merupakan salah satu faktor penentu dalam kegiatan operasional perusahaan. Kondisi tersebut akan memotivasi perusahaan dalm melakukan penjualan dan palaksanaan system akuntansi yang baik dalam usaha peningkatan pendapatan yang berasal dari penjualan sehingga pengawasan harus dilakukan secara teliti karena posisi pendapatan sangat menentukan dalam kinerja suatu perusahaan.

Pelaksanaan sistem akuntansi penjualan kredit dimaksudkan untuk mengetahui laba perusahaan yang optimal. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara mengatur strategi penjualan serta upaya dalam menghadapi persaingan untuk menarik minat para pelanggan. Semakin besar suatu perusahaan dan semakin banyak volume transaksi yang terjadi, pengawasan tidak lagi dilakukan secara efektif panca indra semata dan sebagai pelengkapnya dilakukan mekanisme system akuntansi.

System akuntansi penjualan kredit atau yang disebut piutang yang ada dalam perusahaan dirancang untuk menangani transaksi penjualan kredit atas penjualan kredit yang di hasilkan. Dalam system akuntansi ini, dilakukan pemisahan fungsi untuk setiap transaksi penjualan kredit , seperti pemisahan fungsi penjualan terpisah dari fungsi kredit dan fungsi penjualan terpisah dari fungsi gudang. Hal ini dimaksudkan untuk terjadinya kecurangan-kecurangan dalam pencatatan atas penjualan seperti kecurangan pencatatan kuantitas yang dijual dalam faktur penjualan. Dengan adanya pemisahan fungsi tersebut, maka kedua fungsi mengecek dari pembukuan atas transaksi penjualan dan untuk menghindari kecurangan dalam pengeluaran jumlah barang,atas barang yang dijual dengan barang yang dikeluarka oleh gudang. Karena penjualan merupakan hal yang sangat penting mengingat tujuan utama dari perusahaan adalah memperoleh keuntungan.

1.2 Rumusan Masalah

Sesuai dengan judul tugas profesi ini,penulis ini merumuskan beberapa masalah yamg ingin dikaji yaitu sebagai berikut:

1. Bagaimana kebijakan piutang di perusahaan UD.Tiga Enam Motor?

2. Bagaimana prosedur piutang di perusahaan UD.Tiga Enam Motor?

3. Bagaimana manajemen piutang di perusahaan UD.Tiga Enam Motor?

1.3 Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan tugas akhir profesi ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui kebijakan piutang di perusahaan UD.TigaEnam Motor.

2. Untuk mengetahui prosedur piutang di perusahaan UD.Tiga Enam Motor.

3. Untuk mengetahui manajemen piutang di perusahaan UD.Tiga Enam Motor.

1.4 Manfaat

Dalam penelitian ini diharapkan manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu:

A. Bagi penulis

Menambah pengetahuan dan wawasan system akuntansi penjualan kredit,sehingga dapat digunakan sebagai bekal agar kelak nanti dapat menerapkan kombinasi yang tepat antara teori dan keadaaan yang sebenarnya.

B. Bagi perguruan tinggi

Dapat menambah kepustakaan dan dapat memberikan masukan dibidang akuntansi.



C. Bagi perusahaan

Bagi perusahaan penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dibidang akuntansi bagi perusahaan, khususnya system akuntansi penjualan piutang atau kredit UD.Tiga Enam Motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar